Seberapa Parah Dampak Partikulat Polusi Udara Bagi Kesehatan?

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Rabu, 10 Mei 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Saat ini polusi udara menjadi salah satu yang mengancam kesehatan manusia. Jenis polutan beragam, termasuk gas seperti karbon monoksida, oksida nitrat, sulfur dioksida, serta partikulat. 

Materi partikulat mengacu pada partikel padat atau cair mikroskopis yang tersuspensi di udara. Ini bisa bersumber dari aktivitas manusia, seperti dari emisi lalu lintas dan pembakaran bahan bakar fosil, atau alami, seperti dari semprotan laut atau debu mineral dari tanah.

Polusi partikulat memiliki sebutan ukuran: partikel kecil, yang dikenal sebagai PM2.5, mengacu pada partikel berdiameter 2,5 mikron atau kurang, sedangkan partikel kasar, PM10, berarti partikel berdiameter 10 mikron atau kurang.

PM10 dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan saluran pernapasan atas. Namun PM2.5 lebih berbahaya pada kesehatan karena partikel kecilnya menjangkau hingga paru-paru, masuk ke aliran darah, kemudian masuk ke otak dan organ lainnya. 

Seorang perempuan mengenakan masker di China. Dok World Bank/Curt Carnemark

Dampak kesehatan dari paparan polusi udara

Materi partikulat diklasifikasikan oleh International Agency for Research on Cancer sebagai karsinogen kelompok satu, yakni zat yang diketahui menyebabkan kanker pada manusia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara menimbulkan salah satu risiko lingkungan terbesar bagi kesehatan. Organisasi tersebut memperkirakan bahwa pada 2019, polusi udara luar ruangan menyebabkan 4,2 juta kematian dini di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 37% disebabkan oleh penyakit jantung iskemik dan stroke, sedangkan 18% disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronik dan 23% dari infeksi saluran pernapasan bawah akut.

“Polusi udara berbahaya bagi kesehatan, titik,” kata Michele Goldman, kepala eksekutif Asma Australia, dikutip Guardian. "Partikel kecil menjadi perhatian utama karena tidak terjebak di rambut pada saluran hidung kita, di saluran udara bagian atas kita."

Paparan PM2.5 meningkatkan risiko banyak kondisi, termasuk penyakit paru-paru seperti kanker, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan pneumonia; penyakit kardiovaskular; stroke dan penyakit saraf.

"Efek jangka pendek dapat bermanifestasi dalam bentuk eksaserbasi gejala yang ada, gangguan fungsi paru-paru, dan peningkatan angka rawat inap dan kematian," kata Mark Brooke, kepala eksekutif Lung Foundation Australia. 

“Paparan udara dalam jangka panjang dengan konsentrasi polutan yang tinggi juga dapat meningkatkan kejadian PPOK,” tambahnya. 

Studi telah menunjukkan bahwa paparan PM2.5 selama kehamilan dikaitkan dengan hasil kelahiran yang menyulitkan, termasuk risiko kelahiran prematur yang lebih besar dan bayi baru lahir dengan berat lahir rendah.

Karena anak-anak bernapas lebih cepat daripada orang dewasa, mereka terpapar polusi udara yang lebih besar. Penelitian dari AS juga telah menemukan hubungan antara polusi udara dari pembangkit listrik tenaga batu bara dan penurunan nilai ujian untuk anak-anak.

Orang dengan penyakit kronis lebih rentan terhadap efek polusi udara, yang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia.

Berapa tingkat paparan PM2.5 yang aman? 

Para ahli setuju bahwa tidak ada tingkat paparan polusi udara yang aman.

Pedoman kualitas udara global WHO merekomendasikan untuk membatasi polusi udara PM2.5 hingga rata-rata lima mikrogram per meter kubik udara (5µg/m3) per tahun. Target PM2.5 rata-rata harian yang aman harus kurang dari 15μg/m3, kata WHO.

“Menentukan ambang yang tepat [di atas yang ada risiko kesehatan] itu sulit,” kata Matthew Peters, seorang profesor kedokteran pernapasan di Universitas Macquarie.

USesearch menemukan bahwa peningkatan 10μg/m3 dalam konsentrasi PM2.5 rata-rata dua hari meningkatkan kunjungan rumah sakit darurat sebesar 2,25% untuk serangan jantung, 2,07% untuk kondisi pernapasan dan 1,89% untuk penyakit kardiovaskular. Studi lain menemukan bahwa dua hari terpapar PM2.5 yang meningkat sebesar 10μg/m3 menambah kematian yang tidak disengaja sebesar 0,74%.

Dalam jangka panjang, sebuah studi baru-baru ini terhadap hampir 33.000 orang di empat negara, yang diterbitkan dalam jurnal Nature, menemukan bahwa partikel mendorong mutasi genetik khusus kanker paru-paru yang meningkatkan perkembangan tumor.

Peters, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan: “Ekuivalen dengan paparan selama tiga tahun – hanya tiga tahun – sudah cukup untuk mendapatkan sinyal terukur yang jelas. Itu harus menjadi perhatian.

"Jika Anda berpikir tentang anak-anak - jika beban risiko genetik menimpa anak-anak berusia antara dua dan lima tahun, mereka membawa ini selama sisa masa kanak-kanak dan dewasa mereka."


Guardian

SHARE