Tahun 2045 Indonesia Emas, Tahun 2050 Anak-anaknya Cemas

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Minggu, 24 November 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Ada delapan kali lebih banyak anak-anak di seluruh dunia yang terkena gelombang panas ekstrem pada tahun 2050-an, dan tiga kali lebih banyak anak-anak yang akan menghadapi banjir sungai dibandingkan tahun 2000-an jika tren iklim saat ini terus berlanjut. Demikian menurut laporan terbaru dari PBB.

Hampir dua kali lebih banyak anak-anak juga diperkirakan akan menghadapi kebakaran hutan, dan lebih banyak lagi yang hidup melalui kekeringan dan topan tropis.

Menurut laporan tahunan negara dan anak-anak sedunia dari Unicef ini,  Secara global akan ada lebih banyak anak yang akan hidup dalam krisis iklim dan lingkungan hidup yang ekstrem pada tahun 2050-an, atau 5 tahun setelah target Indonesia Emas, namun dengan variasi regional yang signifikan.

Peningkatan terbesar anak-anak yang mengalami gelombang panas ekstrem diperkirakan terjadi di Asia Timur dan Selatan, Pasifik, Timur Tengah, serta Afrika Utara, Barat, dan Tengah. Banjir sungai diperkirakan akan berdampak pada anak-anak di wilayah yang sama, serta di Afrika Timur dan Pasifik.

Seorang gadis kecilberusia enam tahun berdiri di reruntuhan rumahnya yang hancur akibat tanah longsor saat Topan Super Yagi melanda Vietnam. Dok. Unicef/Do Khuong Duy

Dalam laporan tersebut, Indonesia termasuk dalam kategori Asia Timur dan Pasifik, yang akan mengalami peningkatan terbesar jumlah anak yang mengalami gelombang panas ekstrem dan banjir sungai. Pada 2050, Indonesia diperkirakan akan memiliki 72 juta anak dari total populasi. 

Laporan tersebut, yang dirilis pada hari Rabu, 20, November 2024, bertepatan dengan Hari Anak Sedunia, memperkirakan bagaimana krisis iklim, pergeseran demografi (Afrika Sub-Sahara dan Asia Selatan diperkirakan memiliki populasi anak terbesar pada 2050an) dan terobosan teknologi akan memengaruhi kehidupan anak-anak di masa depan.

Laporan tersebut mengatakan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) akan membawa manfaat dan risiko bagi anak-anak, yang sudah berinteraksi dengan AI yang tertanam dalam aplikasi, permainan, dan perangkat lunak pembelajaran. Namun kesenjangan digital masih sangat menyolok. Pada 2024, hampir 95% penduduk di negara-negara berpendapatan tinggi terhubung ke internet, dibandingkan dengan sekitar 25% penduduk di negara-negara berpendapatan rendah.

“Anak-anak sedang mengalami berbagai macam krisis, mulai dari guncangan iklim hingga bahaya dunia maya, dan krisis ini akan semakin parah di tahun-tahun mendatang,” kata Catherine Russell, Direktur Eksekutif Unicef. “Keputusan yang diambil oleh para pemimpin dunia saat ini – atau yang gagal mereka ambil – menentukan apa yang akan diwarisi oleh anak-anak… Kemajuan selama beberapa dekade, terutama bagi anak perempuan, berada dalam ancaman.”

Laporan ini sebagian besar menekankan dampak krisis iklim terhadap anak-anak, yang hampir separuhnya (sekitar 1 miliar) tinggal di negara-negara yang menghadapi risiko tinggi bencana lingkungan. Bahkan sebelum mereka mengambil napas pertama kali, otak, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh anak-anak rentan terhadap polusi, penyakit, dan cuaca ekstrem. Ketika mereka bertumbuh, pendidikan, gizi, keselamatan, keamanan dan kesehatan mental mereka dibentuk oleh iklim dan lingkungan.

Krisis iklim membuat lebih banyak anak rentan terhadap penyakit. Meningkatnya suhu rata-rata telah menyebabkan peningkatan populasi nyamuk dan risiko lebih besar terhadap penyakit yang ditularkan, seperti malaria, demam berdarah, Zika, dan virus West Nile.

Cuaca ekstrem dapat menghalangi anak-anak untuk mengonsumsi makanan sehat, sementara tornado, angin topan, banjir, gelombang panas, dan gempa bumi telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk gangguan stres pascatrauma dan depresi.

Polusi udara telah menjadi penyebab utama kematian anak-anak balita dan dikaitkan dengan 709.000 kematian anak-anak balita pada tahun 2021, menurut laporan State of Global Air tahun 2024.

Bank Dunia baru-baru ini menyebut dampak krisis iklim terhadap pendidikan sebagai “bom waktu ekonomi”, karena guncangan iklim dapat berdampak besar pada pendidikan anak-anak, menyebabkan ketidakhadiran di sekolah dan melebarnya kesenjangan pembelajaran di seluruh dunia. Sejak 2022, lebih dari 400 juta siswa di seluruh dunia mengalami penutupan sekolah karena cuaca ekstrem.

“Dunia sudah mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk membatasi dampak terburuk perubahan iklim,” kata Russell. “Para pemimpin muda sangat tegas – dan memang demikian – dalam mendesak para pemimpin nasional untuk tetap berpegang pada komitmen iklim mereka. Mengabaikan seruan tersebut berarti mengkhianati masa depan anak-anak dan remaja. Kita tidak bisa membiarkan hal itu terjadi.”

SHARE